Minggu, 07 Juni 2015

Review Jurnal 5-Memprediksi Customers Churn pada Relational Database

Tugas 8 Management Information System (MIS)

Jurnal ini membahas tentang bagaimana dua model pengelompokan klasik utama bekerja dan menghasilkan prediksi melalui solusi komersial sistem manajemen relational database (Microsoft SQL Server 2012). Adapun penelitian dalam jurnal ini bertujuan untuk memperkirakan churn dari pelanggan secara akurat, yang ditentukan dengan beberapa variabel diskrit dan kontinu, dan didapatkan dari tiga sumber data utama, yaitu data historis transaksi komersial, perilaku pengguna atau permasalahan yang terjadi di komputer mereka, dan informasi identitas tertentu yang diberikan oleh pelanggan sendiri. Secara teoritis, jurnal ini menunjukkan konsep utama dan ide-ide yang mendasari Decision Tree dan Naïve Bayes Classifier, dan memberikan contoh dengan perhitungan aktual dari data yang dimodelkan oleh software. Secara analitik dan praktik, tulisan ini menganalisis grafik dan tabel yang dihasilkan melalui pengelompokan model dan menunjukkan pemahaman dari data utama. Pada akhirnya, akurasi classifier akan dievaluasi berdasarkan metode pengujian data. Classifier yang paling akurat akan dipilih untuk menghasilkan prediksi terhadap data pelanggan, dimana nilai dari variabel responnya tidak diketahui.
 

1 komentar:

  1. Terimakasih Yantine atas tulisan yang sangat informatif ini. Ternyata kita dapat menganalisis customers churn dalam database ya

    BalasHapus