Sabtu, 21 Februari 2015

Perjalanan Mahasiswa Semester 6 :D

It's amazing how fast time flies by and you don't even realize it
Waktu memang berjalan begitu cepat. Tidak terasa, saya sudah tiba di semester 6, padahal rasanya baru kemarin saya diterima di Universitas Indonesia. Pada semester ini saya mengambil 24 SKS. Ini pertama kali saya mengambil SKS penuh. Sempat timbul keraguan apakah saya mampu menjalani semester ini, tetapi setelah meminta saran dari senior yang lebih dulu mengalaminya, akhirnya saya memutuskan untuk mengambil 24 SKS.
Daftar mata kuliah yang diambil di semester 6
Pada semester ini, saya mengambil 5 mata kuliah wajib (15 sks) dan 3 mata kuliah pilihan (9 sks). Salah satu mata kuliah wajib yang saya ambil yaitu Sistem Informasi, dengan kode mata kuliah ENIE600024. Dosen dari mata kuliah ini yaitu Bapak Dr. Ir. M. Dachyar M.Sc dan Novandra Rhezza Pratama S.T., M.T.  Deskripsi mata kuliah ini yaitu Pengantar Sistem Informasi Manajemen.  MIS/IT Sebagai Keunggulan kompetitif.  IT and Electronic Commerce.  Database dan Database Manajemen.  System Analysis and Design.  MIS dan Hubungannya dengan RQM dan QS.  CBIS. Accounting Information System.  Decision Support System.  Executive Information System.  Marketing, Manufacturing Information System.  Financial, Human Resource Information System.


Salah satu mata kuliah pilihan yang saya ambil yaitu Keputusan, Ketidakpastian dan Risiko, dengan Bapak Dr. Ir. M. Dachyar, M. Sc sebagai dosen mata kuliah ini. Alasan mengapa saya mengambil mata kuliah ini sebagai mata kuliah pilihan yaitu karena keinginan saya untuk bisa menganalisis risiko dan ketidakpastian yang terjadi berdasarkan metode-metode statistik, sehingga keputusan yang akhirnya saya ambil merupakan keputusan yang tepat. Hal ini sangat dibutuhkan baik untuk kehidupan sehari-hari maupun di dunia pekerjaan nantinya. Setiap saat kita pasti dihadapkan dengan keadaan dimana kita harus mengambil keputusan di tengah banyaknya risiko dan ketidakpastian yang terjadi. Jika dilihat dari silabusnya, mata kuliah ini menyangkut konsep dan proses pengambilan keputusan, teori ketidakpastian, prasyarat analisis risiko, statistik dan probabilitas, dan juga statistik industri. Diharapkan ketika saya menyelesaikan mata kuliah ini, saya akan lebih bijak dalam menentukan keputusan dan mempertimbangkan dengan baik setiap risiko dan ketidakpastian yang ada.

Sekian tulisan saya mengenai mata kuliah yang saya ambil di semester 6, khususnya mata kuliah Keputusan, Ketidakpastian, dan Risiko. Semoga semester 6 ini dapat berjalan dengan lancar, dan hasilnya juga diberikan yang terbaik, amin :)

Sampai jumpa di tulisan selanjutnya :D



Tidak ada komentar:

Posting Komentar